Friday, March 26, 2010

Nasi Uduk - Event Masak Bareng yuuk

Masak bareng yuuk ? yukk mareee .... asik ikutan lagih event ini, mumpung punya hobby masak n nge-blog jadi perpaduan yg pass deh buat mejeng di masbar huhu....

Sesuai dgn tema bulan ini, saya membuat nasi uduk. sejak menikah hingga skarang, nasi uduk merupakan masakan yg seringgg bangettt dibuat untuk sarapan pagi saat weekend ... krn dah sering buat, maka aku punya banyak pengalaman, ini dia resep yg paling pas buat keluargaku, nasinya pulen, wangi n gurih. intinya bumbu daunnya harus lengkap n seimbang. ibu mertua pernah memberi tahu aku, klo buat nasi uduk di campur dengan ketumbar, biar kayak nasi uduk kebon kacang yg tersohor ituh. ketumbarnya pun jangan kebanyakan nanti warna nasinya keruh.

Biasanya aku selalu buat nas-duk dengan rice cooker, tapi skarang krn dah punya alat kukus, aku masak dgn cara ngukus. pertama mikir bakalan ruepott, tapi ternyata alhamdulillah ga sesulit yg di pikirin, hasilnya pun jauh lebih memuaskan :) , lebih pulen n enak... karena nasinya rasanya istimewa, aku ga nambahin lauk yg neko2. cukup dgn irisan telur dadar, bawang goreng n kerupuk jadi deh "the humble nasi uduk" yg wuenakk..


Bahan2:

  • 2,5cup beras
  • 300ml santan KARA
  • 300ml air
  • 1sdm garam
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 3lembar daun pandan
  • 2lembar daun salam
  • 1bh serai, geprek bag putihnya
  • 5bh cengkeh

Cara Membuat :

  1. masukkan semua bahan kecuali beras kedalam panci lalu masak hingga mendidih, lalu masukan beras, masak dengan api kecil hingga beras menyerap air n santan.
  2. kukus beras hingga matang.

No comments:

Post a Comment