Wednesday, August 17, 2011

Resep : Rendang ... Resep Asli Warisan Budaya Indonesia

Agak kesel klo Rendang di aku2 ma negara org, klo it merupakan masakkan negara tersebut... Pernah nonton acara masak luar negeri yg bahkan bilang klo rendang it masakkan khas Singapura... Langsung BT lah si mamah bumbum... Ayo ayok cepet pemerintah RI nge-patent-in klo Rendang merupakan makanan khas kita, biar ga di ambil negara org ....


Duh kok dah sensi sih pagi2... hehe :) Hari ini tepat 17 Agustus, 17 Ramadhan pula.. What a perfect day, Saya pengen buat makanan buka puasa saya istimewa di hari kemerdekaan RI ini dgn masakan Indonesia yg telah mendunia krn enaknya ... Rendang :) ... Saya bikin versi cuepet, ga mo rempong.. Saya pake panci presto cukup 30menit terhitung stlh si panci berdesis, rendang saya matang... yum, cuepet kan, n ga pake acara ngaduk2 segala lagih.. malasss hoho, yah in resep yg cucok bwt pemalas(seperti saya) tp pgn makan'y tetep uenak n mantapp .... ga percaya yyukkk di coba :)



Rendang Presto
Oleh AA Putu Winda

Bahan2 :
1Kg daging rendang, potong dadu ukr 2cmx2cm
500ml Santan Kara
150ml air
1sdm Krisik (Kepala parut sangrai yg di tumbuk hingga keluar minyaknya)
2lmbr daun salam
1bh daun kunyit
garam secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu halus:
6-8bh cabe merah besar
10bh bwg merah
6bh bwg putih
2sdm jahe cincang
2cm kunyit
1sdm lengkuas cincang
1bh serai, ambil bag putihnya saja
3bh kemiri
1sdt ketumbar sangrai
1/2sdt jinten sangrai
1/2sdt merica hitam/putih
1bh pala
2bh bunga pekak
3bh kapulaga
1bh kayumanis
5bh cengkeh

Cara Membuat :

1. Dlm wajan, tumis bumbu halus hingga wangi lalu masukkan daging daun salam, daun kunyit yg di sobek2, krisik, n garam, aduk rata lalu matikkan api.

2. Pindahkan daging yg berbumbu td dalam panci presto, tambahkan santan n air, aduk rata lalu tutup panci, masak dgn api sedang hingga daging empuk (kurleb 30menit terhitung stlh panci berdesis). Rendang siap di santapp :)


Rendang presto



Selamat hari Kemerdekaan RI



Maju Terus n Bangkit menjadi Negara yg kuat, Bersatu n Makmur... Merdeka

No comments:

Post a Comment