Wednesday, March 16, 2011

MP ASI : Nasi Gurih Daging Sapi

Alhamdulillah sejak kevan masuk 1 tahun, kevan sdh terbiasa makan masakan yg saya makan, jd tidak perlu repor2 masak makanan untuk saya n suami n masak makanan yg berbeda untuk kevan. Tapi terkadang saya ingin makan makanan yg berempah n pedas, nah klo lagi kumat pengen makan yg macem2, saya biasa masak makanan lain untuk kevan, biasanya yg gampang2 aj, n yg pasti syarat gizi n vitamin. Contohnya nasi gurih ini, saya masak dgn rice cooker jdnya praktis n cepet :)


nasi gurih kevan



Nasi Gurih Daging Sapi
oleh AA Putu Winda
(untuk bayi diatas 1 thn)


bhn nasi gurih



Bahan2 :
  • 80gram daging sapi/ayam cincang (usahakan menggunakan daging sapi yg tidak berlemak)
  • 70gram wortel, iris tipis lalu potong dadu kecil2
  • 50gram beras, cuci bersih
  • 1/4cup santan kental
  • 1cup air kaldu/air putih
  • 1bh bwg putih, geprek lalu cincang halus
  • 2lmbr daun salam
  • 2sdm minyak grg/minyak zaitun
  • garam secukupnya

Cara membuat :

  1. (a)Panaskan minyak lalu masukan bwg, tumis hingga harum lalu masukkan daging cincang, (b)masak hingga matang lalu tambahkan wortel, masak hingga wortel berair angkat sisihkan.
  2. tumis daging

    Gambar 1(a)

    tumis wortel
    Gambar 1(b)

  3. Masukkan tumisan daging n wortel dlm panci rice cooker serta semua bhn lainnya, aduk rata lalu masak seperti memasak nasi biasa dlm rice cooker. aduk sesekali, setelah matang, sajikan hangat.


  4. bahan2 d rice cooker



NB : ukuran air dalam resep saya sesuaikan dgn rice cooker saya, saya menggunakan rice cooker ukr kecil.. hasil dari resepnya ini adalah nasi gurih yg lembek.

1 comment: